Selasa, 01 Februari 2011

Daftar Distro Linux Berdasarkan Tingkatan Penggunaannya

Bagi kita yang sedang belajar Linux, tentunya harus didukung dengan andanya distro Linux yang cukup mudah untuk digunakan oleh para pemula. Karena, tidak semua distro Linux mudah digunakan oleh pemula. Berikut ini daftar distro Linux serta tingkatan penggunaannya, sepanjang pengetahuan saya:

Distro Linux Pemula
Berikut ini distro yang saya rasa cocok untuk para pemula:
1. Super OS
Distro ini merupakan versi lengkapnya Ubuntu. Anda sudah bisa menikmati mp3 atau dvd kesayangan walaupun belum anda update.
2. Ubuntu
Distro sejuta pengguna ini, merupakan salah satu distro yang banyak disukai oleh para pengguna yang masih pemula. Pengoperasian dan juga perintah-perintah dari Ubuntu yang mudah, membuat para pemula mudah untuk menggunakannya. Sayangnya, secara default anda tidak bisa mendengarkan mp3 kesayangan, melihat dvd, atau mengunjungi situs yang memiliki animasi flash. Anda harus mengupdatenya terlebih dahulu. Ubuntu Restricted Extras merupakan jalan keluar untuk menyelesaikan masalah tersebut.
3. Linux Mint
Distro keturunan dari Ubuntu ini, memiliki kelebihan dari segi restricted extras yang sudah terkurangi. Anda bisa mendengarkan mp3, melihat dvd atau mengunjungi situs yang menggunakan animasi flash kesayangan anda secara default. Sangat cocok bagi pemula.


Distro Linux Menengah
Dalam kategori ini, ada beberapa distro Linux yang cocok digunakan oleh anda yang sudah siap dengan tingkatan yang lebih tinggi. Beberapa Distro Linux dalam kategori ini adalah:
1. OpenSUSE
Distro yang memiliki logo bunglon ini, merupaan distro tingkat menengah yang sangat menawan. Selain itu, bagi anda pecinta Open SUSE, anda bisa membuat custom Live CD OpenSUSE menggunakan layanan dari SuseStudio, yang bisa anda isi sesuai dengan keinginan anda.
2. Mandriva
Distro keturunan dari Red Hat ini, adalah distro yang cukup handal. Bagi anda yang masih pemula, tentunya akan membutuhkan dukungan dari para senior yang telah menguasai Mandriva.
3. Fedora
Distro keturunan dari Red Hat. sama dengan saudaranya, Mandriva, jika anda ingin belajar Fedora, anda masih harus mendapatkan dukungan dari para senior.

Distro Linux Advance
Distro dalam kategori ini merupakan distro yang sering digunakan oleh para pengguna Linux yang sudah advance atau Master. Beberapa distro Linux dalam kategori ini adalah:
1. Debian
Distro yang menurunkan Ubuntu ini, merupakan distro yang lumayan berat digunakan oleh pemula. Walaupun distro ini memiliki perintah yang hampir sama dengan keturunannya, Ubuntu, namun distro yang satu ini tidak semudah Ubuntu.
2. Slackware
Distro yang berjuluk Gadis Desa ini, merupakan distro versi advance yang cukup mebuat para penggunanya harus bersabar dalam menghadapi masalah dan juga kesulitan dalam menghadapi distro ini. Disarankan, bagi anda yang ingin menjajal kemampuan Slackware, harus siap dengan permasalahan dan juga tingkat kesulitan yang cukup tinggi dari distro ini.
3. CentOS
Versi gratis dari Red Hat ini, cukup membuat saya memutar otak cukup keras dalam menggunakannya. Tingkat kesulitan yang cukup tinggi dari distro ini, belum cocok bagi anda yang masih pemula.

Bagi anda yang masih pemula, anda bisa memilih distro yang berada dalam tingkat pemula. Namun, anda juga bisa memilih distro dari tingkat menengah untuk lebih mengembangkan kemampuan anda dalam belajar tentang Linux. Namun, jika anda merasa bahwa anda telah siap untuk menggunakan distro tingkat advance, anda bisa memulainya dari Debian. Saya minta maaf jika review yang ada di sini kurang lengkap. Namun, suatu saat, akan saya review satu per satu distro-distro yang ada pada artikel ini. Semoga tulisan ini bermanfaat bagi anda. Selamat memilih distro yang cocok untuk anda gunakan

Tidak ada komentar:

Posting Komentar